Dari mana aja, Dil?


Halo!

Agak sedih sebenarnya melihat betapa minimnya aku nulis dan update di blog ini. Sudah genap setahun! Ya, satu tahun loh Aldila!

Banyak hal yang terjadi selama setahun dari postingan terakhir ku di blog ini. Aku mencoba mewujudkan mimpi mengelola beauty brand bersama teman-temanku, dari nol. Bukan sebuah hal yang mudah ternyata. We're still trying to learn to do things and trying to make it right. Huhuhu, anyway, mungkin aku perlu membuat satu postingan khusus untuk brand ini. Supaya kalian kenal lebih jauh tentang baby brand ini.

Ngomong-ngomong tentang setahun belakangan ini, aku nggak benar-benar berhenti menulis kok. Tetap nulis, tapi di platform lain. Jadi, aku menemukan kembali keseruan menulis fiksi yang udah nyaris ku lupakan. Seru banget loh mikirin plot cerita, karakter dan segala perintilannya yang kadang malah bikin pusing sendiri. Haha.

Kenapa nggak update blog aja sih, Dil?

Entahlah, kalau disuruh jawab pertanyaan itu, aku jadi bingung sendiri juga. Kenapa ya? Dibilang bingung juga enggak sih, aku tau betul alasannya. Hanya saja, apa aku berani blak-blakan menulis di sini atau mengungkapkannya? Agaknya mungkin aku belum sesiap itu. Atau mungkin cerita sedikit, won't hurt lah yaa. Haha.

Ada beberapa hal yang jadi penyebab aku vacum dari dunia nulis blog kecantikan ini. Pertama, aku pusing sendiri sama adsense-ku yang diberhentikan oleh Google karena illegal traffic. I didn't even know where the traffic came from! Tapi aku curiga kalau hal itu berasal dari link blog-ku yang dishare di portal 'berita'. Sedih banget karena aku bahkan nggak bisa me-monetize YouTube channelku juga. Kayak kehilangan salah satu penyemangat content creator gitu.

Nulis, bikin video atau bikin konten jangan berdasarkan duit dong, Dil!

Ehem, iya. I know. But, a small token or passive income from Adsense would be nice support, right? Tentang support, ini yang membuat aku mau menulis blog lagi. Ternyata masih banyak yang baca review yang aku tulis, dan bahkan masih ada yang nulis komen. Aku terharu banget! Aku pikir blog ini udah kering kerontang. Huhuhu, ternyata aku salah. Terima kasih buat kalian yang masih baca dan komen!

Hal kedua yang bikin aku vacum adalah, aku butuh waktu untuk akhirnya menyadari kalau aku jadi super perfectionist dan ini aku terapkan di blog juga. Nah, jadi seorang yang perfectionist itu kayak pedang bermata dua. Berambisi bikin sesuatu dengan sempurna yang secara nggak langsung bikin sering overthink yang akhirnya capek sendiri dan ujung-ujungnya stress sendiri. Huft.

Terus, sekarang Aldila sudah bukan seorang yang perfectionist lagi? Oh, tentu masih dan sedang belajar untuk 'it's okay to be not perfect'. Proses belajar itu termasuk memaafkan diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri dan mencintai diri sendiri yang ternyata bukan hal yang bisa dilakukan dalam waktu sekejap setelah mengucapkan kalimat itu. Prosesnya termasuk menyadari dan mengakui kekurangan diri sendiri dan tau cara untuk improving ourselves.

Kadang kalau dipikir-pikir lagi, kalimat yang sering kita ucapkan ke orang lain 'terima aku apa adanya' adalah kalimat yang bisa jadi susah kita aplikasikan ke diri sendiri. Kamu sudah bisa menerima diri kamu sendiri apa adanya? Tanpa membanding-bandingkan diri kamu dengan orang lain? Ini nih yang kadang jadi sumber bikin diri sendiri down, membanding-bandingkan dengan orang lain. Padahal aku ya aku, kamu ya kamu, dia ya dia.

Pernah nggak sih, ngerasa down setelah membanding-bandingkan diri dengan orang lain terus malah jadi nggak melakukan apapun karena kamu merasa self worth kamu so freaking low? Let's get over that! You are unique in your own way, with your own amazing abilities that God has given you to, and if there's something you want to do despite all the doubt you have about yourself, Nike said, Just do it! Kalau kata Tokopedia, mulai aja dulu!

Hahaha, ini bukan tulisan yang disponsori oleh mereka. Tapi tagline mereka itu yang paling cocok.

Jadi Aldila nulis di blog ini lagi?

I guess yes!

***

Makasih buat siapa pun yang membaca tulisanku yang agak random ini.


Remember to love yourself!

xoxo,


Komentar

Regular Readers

Subscribe to My Youtube Channel!

Allseebee Facebook Page