Film Wonderful Life : Menghargai Keunikan Anak

  Bagi penyuka film dan bagi yang peduli dengan anak-anak, ini ada satu film yang nggak boleh kalian lewatkan!

credit : dok. Wonderful Life

"...Karena semua anak terlahir sempurna."

Yup!

Itulah mengapa anak-anak yang lahir di dunia ini diibaratkan dengan kanvas yang putih bersih.

***

Duh Dil, judulnya kok agak berat?

Hei, nggak berat kok! Justru 'menghargai keunikan anak' adalah hal yang harus dipahami oleh setiap orang dewasa, khususnya para orang tua. Menurutku itu adalah pesan yang ingin disampaikan oleh film Wonderful Life yang didukung oleh salah satu brand kosmetik di Indonesia, Sariayu Martha Tilaar.

Beberapa hari yang lalu, Sariayu Martha Tilaar mengajak aku untuk nonton film Wonderful Life ini, aku langsung mau! Soalnya sebelum dapat ajakan ini, aku sempat nonton liputan tentang Gala Premiere film ini di TV dan aku tertarik untuk nonton.

Selain karena aku adalah penikmat film, aku juga punya perhatian khusus tentang anak-anak dan perkembangannya. Bahkan waktu bikin Tugas Karya Akhir untuk gelar S1-ku dulu, aku membuat prototype program TV untuk anak-anak. Sampai baca buku psikologi perkembangan anak segala!


Anyway, aku nonton film Wonderful Life ini di XXI Kota Kasablanka tanggal 13 Oktober kemarin. Tepat di hari public premierenya. Sebelum film dimulai, kami disapa oleh pemeran utama film ini, Atiqah Hasiholan dan pihak Sariayu Martha Tilaar.


Sariayu Martha Tilaar di sini memiliki peran bersama Visinema, Creative & Co, dan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) dalam memulai gerakan perubahan yang disebut dengan Be Wondeful Movement.

"Gerakan Be Wonderful ini akan menjadi gerakan berkesinambungan yang mengajak para perempuan Indonesia untuk membuat perubahan dalam hidupnya. Harapannya, Be Wonderful Movement dapat menjadi gerakan pemberdayaan perempuan Indonesia yang menginspirasi lahirnya sosok perempuan-perempuan yang berwawasan luas, mandiri, kuat, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi." - Sariayu Martha Tilaar


***

Sebenarnya, film Wonderful Life ini tentang apa sih?

Oke, mungkin penjelasanku ini agak spoiler sedikit ya. Singkatnya, film ini terinspirasi dari buku karya Amalia Prabowo yang ditulisnya berdasarkan kisahnyata yang terjadi pada dirinya dan anaknya, Aqil. Aqil ini adalah anak yang istimewa, dia memiliki disleksia, yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan seseorang kesulitan membaca dan menulis.

Nah, di film ini, Amalia adalah seorang ibu yang perfeksionis tidak bisa menerima kondisi anaknya yang tidak bisa sempurna di bangku sekolah formal. Sepanjang film ini juga, kita akan melihat perjalanan Amalia dalam berusaha mencari obat untuk Aqil dan menerima kondisi Aqil yang spesial itu.

credit : dok. Wonderful Life

Pesan yang ingin disampaikan film Wondeful Life ini adalah bahwa anak-anak memiliki keunikan dan bakatnya masing-masing. Terlebih lagi bila anak tersebut memiliki keistimewaan dari dia lahir.

Pinter itu nggak cuma di matematika dan ilmu eksak aja kok. Pinter itu ada bidangnya masing-masing. Tugas orang tua adalah memfasilitasi bakat dan kelebihan anak-anaknya. Seperti Aqil di film ini yang pinter gambar. Btw, gambar-gambar yang ada di poster film itu adalah hasil karya Aqil loh! Keren kan?!

credit : dok. Wonderful Life

Meskipun film ini mengangkat pesan yang terkesan berat, tapi ceritanya dikemas secara apik dan menurutku gampang untuk kita pahami. Didukung dengan aktor-aktris kawakan Indonesia, menurutku akting mereka nggak perlu dipertanyakan lagi deh. Oke banget! Oh iya, akting Sinyo yang memerankan Aqil juga bagus loh!
Ditambah lagi dengan gambar-gambar selama film yang menunjukkan keindahan alam Indonesia. Wuiiiih, jadi pengen explore Indonesia!

Kesanku selain tentang keindahan alam Indonesia itu, film ini menunjukkan ke kita orang dewasa (khususnya orang tua) untuk lebih memahami dan menghargai anak, menghargai keunikannya, kelebihannya, dan keistimewaannya.

Aku bisa bilang, setiap orang tua (setiap orang dewasa yang peduli sama anak-anak) harus nonton ini. :')

***

Ketemu Iva! :D

credit : Twitter Martha Tilaar

***

credit : dok. Wonderful Life

Dream big, start small, act fast! - Dr. (H.C.) Martha Tilaar

***

Terima kasih kepada Sariayu Martha Tilaar untuk kesempatan nonton film Wonderful Life yang wonderful ini.



Terima kasih juga untuk kamu yang sudah mampir dan membaca blogpost ini! ;)

Sampai jumpa di post-ku selanjutnya!



xoxo

Komentar

Regular Readers

Subscribe to My Youtube Channel!

Allseebee Facebook Page